Skip to main content

Dutch disease dan fenomena Ujian Nasional

Sumber:
http://catatansimpel.wordpress.com/2013/10/31/fenomena-dutch-disease-dan-fenomena-ujian-nasional/


Ujian nasional (UN) adalah produk kreatifitas anak bangsa Indonesia dan
Kementrian Diknas sudah terlanjur bilang bahwa UN adalah baik dan
penting bagi bangsa.

Ketika masyarakat (kepala sekolah, guru, orang tua siswa, siswa, dll.)
mengikuti logika Diknas maka resources (tenaga, pikiran, waktu, ruang,
uang, dll.) akan mulai bergerak dan berkumpul di seputar UN. Urusan
sekolah yang tidak terkait dengan UN (sektor non-UN) dengan mudah akan
tersisihkan dan bisa relatif dianggap tidak penting sehingga tidak akan
mendapatkan­ resources yang memadai. Segala kehormatan sekolah
dipertaruhkan di UN.

Demi sukses mencapai UN, terutama untuk kelas tiga sekolah menengah,
sekolah bisa secara naluriah mengabaikan sektor non-UN dan kegiatan
sehari-harinya terkonsentrasi ke pembahasan materi soal-soal UN.
Pendidikan di sekolah tiba-tiba berubah seperti kegiatan lembaga
bimbingan belajar.

Apakah ini penggambaran yang berlebihan? Mungkin saja iya: lebay deh
kamu. :-)

Namun yang menarik adalah bahwa fenomena UN ini mirip dengan fenomena
Dutch disease dalam ilmu ekonomi. Dutch disease adalah fenomena dari
penemuan natural resources yang semula dianggap sebagai hal yang baik
dan penting bagi suatu bangsa namun ternyata secara alamiah ia menyimpan
potensi yang bisa merusak tatanan perekonomian nasional secara keseluruhan.

Bagaimana menjelaskannya?

Sebelum tahun 1959, landasan yang kokoh dari perekonomian Belanda
terletak pada sektor produk olahan (manufacturing) dan pertanian untuk
diekspor. Pada tahun 1959 ditemukan cadangan gas alam (natural gas)
dalam jumlah besar di Belanda. Setelah ditambang dan diekspor, gas alam
ini menghasilkan devisa yang besar. Ketika devisa ini dikonversikan ke
dalam mata uang Belanda guilder (gulden) maka gulden mengalami penguatan
dan ini mengakibatkan gejala real exchange rate appreciation. Gulden
mengalami overvalued.

Dengan gulden yang overvalued maka harga-harga produk olahan dan
pertanian Belanda menjadi relatif mahal di pasar internasional. Kedua
sektor perekonomian ini menjadi tidak kompetitif lagi di pasar
internasional. Akibatnya ekspor dari kedua sektor ini mengalami
penurunan yang drastis. Profit dari kedua sektor ini pun mengalami
penurunan yang drastis pula. Bila suatu sektor perekonomian mengalami
penurunan profit yang drastis maka resources (modal, pikiran, waktu
dsb.) tidak akan mengalir kesana. Akibatnya sektor produk olahan dan
pertanian di Belanda mengalami kemunduran. Padahal kedua sektor ini
semula merupakan landasan yang kuat dari perekonomian Belanda dan
fondasi ini telah mulai digerogoti oleh penemuan gas alam.

Masalah menjadi semakin runyam manakala kelak cadangan gas alam mulai
menipis dan sektor produk olahan dan pertanian sudah terlanjur rusak.
Fondasi perekonomian Belanda pun rusak. Belanda memasuki masa resesi di
tahun 1960-an.

Dutch disease dialami Indonesia pada tahun 1974 dan 1979 dengan
minyaknya. Dialami Australia di abad 19 dengan emasnya. Dialami Rusia di
tahun 2000-an dengan minyak dan gas alamnya. Dialami Spanyol di abad 16
dengan emasnya, dan masih banyak lagi.

Itulah fenomena yang disebut Dutch disease. Sesuatu yang semula dianggap
baik dan penting tapi ternyata ia menyimpan potensi yang merusak dengan
hebat.

Apakah sistem pendidikan di Indonesia mengalami Dutch disease dengan
UN-nya? Entahlah.

Tambahan informasi: topik Dutch disease ini mengantarkan Mari Pangestu
(Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) menyelesaikan disertsi PhD di
University of California, Davis, tahun 1986 dan mengantarkan Rizal Ramli
(mantan Menteri Perekonomian) menyeesaikan disertasi PhD di Boston
University, tahun 1990.

Catatan:

* Bagi yang tertarik melihat model metematik untuk Dutch disease,
silakan diklik link berikut:

http://www.sublettewyo.com/archives/43/booming_secor_and_de-industrialization[1].pdf

Comments

Popular posts from this blog

The Difference Between LEGO MINDSTORMS EV3 Home Edition (#31313) and LEGO MINDSTORMS Education EV3 (#45544)

http://robotsquare.com/2013/11/25/difference-between-ev3-home-edition-and-education-ev3/ This article covers the difference between the LEGO MINDSTORMS EV3 Home Edition and LEGO MINDSTORMS Education EV3 products. Other articles in the ‘difference between’ series: * The difference and compatibility between EV3 and NXT ( link ) * The difference between NXT Home Edition and NXT Education products ( link ) One robotics platform, two targets The LEGO MINDSTORMS EV3 robotics platform has been developed for two different target audiences. We have home users (children and hobbyists) and educational users (students and teachers). LEGO has designed a base set for each group, as well as several add on sets. There isn’t a clear line between home users and educational users, though. It’s fine to use the Education set at home, and it’s fine to use the Home Edition set at school. This article aims to clarify the differences between the two product lines so you can decide which

Let’s ban PowerPoint in lectures – it makes students more stupid and professors more boring

https://theconversation.com/lets-ban-powerpoint-in-lectures-it-makes-students-more-stupid-and-professors-more-boring-36183 Reading bullet points off a screen doesn't teach anyone anything. Author Bent Meier Sørensen Professor in Philosophy and Business at Copenhagen Business School Disclosure Statement Bent Meier Sørensen does not work for, consult to, own shares in or receive funding from any company or organisation that would benefit from this article, and has no relevant affiliations. The Conversation is funded by CSIRO, Melbourne, Monash, RMIT, UTS, UWA, ACU, ANU, ASB, Baker IDI, Canberra, CDU, Curtin, Deakin, ECU, Flinders, Griffith, the Harry Perkins Institute, JCU, La Trobe, Massey, Murdoch, Newcastle, UQ, QUT, SAHMRI, Swinburne, Sydney, UNDA, UNE, UniSA, UNSW, USC, USQ, UTAS, UWS, VU and Wollongong.

Building a portable GSM BTS using the Nuand bladeRF, Raspberry Pi and YateBTS (The Definitive and Step by Step Guide)

https://blog.strcpy.info/2016/04/21/building-a-portable-gsm-bts-using-bladerf-raspberry-and-yatebts-the-definitive-guide/ Building a portable GSM BTS using the Nuand bladeRF, Raspberry Pi and YateBTS (The Definitive and Step by Step Guide) I was always amazed when I read articles published by some hackers related to GSM technology. H owever , playing with GSM technologies was not cheap until the arrival of Software Defined Radios (SDRs), besides not being something easy to be implemented. A fter reading various articles related to GSM BTS, I noticed that there were a lot of inconsistent and or incomplete information related to the topic. From this, I decided to write this article, detailing and describing step by step the building process of a portable and operational GSM BTS. Before starting with the “hands on”, I would like to thank all the pioneering Hackers and Researchers who started the studies related to previously closed GSM technology. In particul